Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 2

Instalasi Sistem Operasi CentOS


    CentOS 6, Merupakan salah satu Distro Linux Turunan Red Hat, CentOS saat ini sudah digunakan di seluruh dunia, beberapa komunitas, mailing list, IRC dan website tutorial dibuka dengan lebar agar semua orang bisa mempelajarinya. Sehingga untuk dukungan mengenai bagaimana membuat sebuah server dengan distro ini Anda tidak perlu khawatir, sebab seluruh pengguna yang tersebar di dunia yang aktif di komunitas, siap untuk membantu Anda.




Kelebihan CentOS :
  Kompatibel dengan Red Hat Merupakan Operating system yang handal untuk Enterprise Merupakan Operating system yang didukung resmi oleh CPanel Drivers Red hat dapat dipakai di CentOS.

Kekurangan CentOS :

  Tergantung pada distro Red Hat. Karena CentOS selalu keluar setelah Red Hat Kurangnya dokumentasi mengenai CentOS Karena CentOS dibangun berdasarkan Red Hat maka segala kelebihan dan kekurangan Red Hat juga menjadi bagian dari CentOS.


Cara Instalasi CentOS :


  1. Sebelum melakukan instalasi, Anda harus memiliki file installer-nya terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki Anda bisa mendapatkannya pada repositori lokal Indonesia (seperti :kambing.ui.ac.id) atau web resmi CentOS (www.centos.org)
  2. Burn DVD dan masukkan pada DVD Drive. Atau Anda bisa juga membuat installer lewat usb. Penulis kali ini menggunakan DVD sebagai media installasi.
  3. Konfigurasi First Boot Device pada DVD Drive, Anda bisa mengaturnya pada BIOS perangkat komputer. Penulis tidak menjelaskan bagaimana cara mengatur First Boot Device pada Artikel kali ini, dikarenakan terdapat perbedaan dalam pengaturannya pada setiap komputer.
  4. Jika pengaturan Anda sudah benar, maka installasi bisa dimulai. Nyalakan perangkat komputer Anda, Kemudian akan mendapatkan pilihan instalasi seperti gambar. Pilih “Install or Upgrade an Existing System” kemudian tekan “Enter
  5. Setelah pilihan Anda tentukan akan muncul pilihan “Testing the Media”  tujuannya untuk mengecek apakah DVD installer kita dalam kondisi baik ataukah corrupt. Anda  bisa melewati tahap ini, dengan cara memiilih “Skip”. Atau melakukan pengecekkan denga memilih “OK“. Kemudian tekan “Enter”
  6. Setelah proses Testing Media selesai, Anda akan mendapati window “Welcome to CentOS!” kemudian tekan “Enter”.
  7. Pada bagian ini, Anda diharuskan melakukan pemilihan bahasa untuk sistem operasi pada server. Ditampilkan beberapa  pilihan bahasa yang akan digunakan selama instalasi berlangsung. Penulis disini lebih menganjurkan untuk memilih bahasa inggris, sehingga memilih “English” dan klik “Enter”
  8. Bagian selanjutnya adalah mengatur mode keyboard, Anda akan menemui pilhan seperti nampak pada gambar. Pilih model keyboard “us” kemudian tekan “Enter
  9. Bagian ini merupakan bagian kritis dari instalasi, dimana seluruh harddisk Anda akan dikosongkan kembali. Ada baiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi. Pilih “Re-initialize all” kemudian tekan “Enter”. Pilihan ini akan menghapus seluruh data pada harddisk Anda sekaligus bentuk partisinya.
  10. Langkah selanjutnya adalah mengatur waktu pada server Anda. Akan ditampilkan beberapa timezone dari area yang ada di dunia. karena penulis di indonesia, Penulis memilih “Asia/Jakarta” kemudian tekan “Enter”. Jika server Anda tidak di Indonesia Anda bisa menyesuaikannya.
  11. Pada dasarnya, user default untuk sistem operasi CentOS adalah root. Sehingga untuk awal instalasi Anda diharuskan memasukkan password untuk “root”.
  12. Pilih “Use entire drive” pada bagian ini, hal ini dikarenakan sebelumnya harddisk Anda telah diformat sehingga tatanan harddisk kembali kosong.
  13. Kemudian plilih “Write change to disk”
  14. Selanjutnya Anda akan melihat proses instalasi sistem operasi CentOS pada komputer yang Anda miliki.
  15. Langkah terakhir sebelum Anda menggunakan komputer Anda adalah melakukan reboot.
  16. Setelah restart maka akan muncul halaman login seperti gambar berikut. Yang menandakan bahwa instalasi CentOS sudah selesai.
  17. Demikian paparan dari penulis tentang langkah langkah instalasi linux CentOS. Selanjutnya penulis akan menulis artikel lanjutan tentang cara konfigurasi IPADDRESS melalui terminal pada sistem operasi CentOS ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Kombinasi Gerbang Logika Menggunakan 7 Segmen Common Anoda dan Common Katoda

Komponen Elektronika Aktif

Sejarah Perkembangan Teknologi Hologram

Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 8

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 5

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 4

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 12

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 6