Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi


       SEJARAH KOMPUTER :

Ø  KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940-1959)
Komputer generasi pertama ini diketahui pada saat perang dunia kedua dimana pada saat itu komputer digunakan oleh negara-negara yang terlibat dengan perang dunia kedua. Penggunaan komputer oleh negara-negara yang terlibat perang dunia tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kemampuannya dalam mengatur analisa dan rencana strategis dalam perang. Pada komputer generasi pertama terdapat tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dengan adanya komputer maka akan mempercepat proses perhitungan matematika dan analisa yang dapat berguna dalam perang. Oleh sebab itu pada masa itu perkembangan komputer meningkat pesat.

Komputer Generasi Pertama :
§  1941 : Z3, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
§  1943 : Colossus, untuk memecahkan kode-rahasia Jerman.

a.       Komponen-komponen komputer :
-          Sirkuit menggunakan tabung hampa (Vacum Tube).
-          Magnetic core storage.
-          Magnetic tape dan magnetic disk.
b.      Sistem kerja :
-          Program hanya dapat dibuat dengan menggunakan bahasa mesin ; ASSEMBLER (Machine Language).
-          Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
-          Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
c.       Kelebihan :
-          Orientasi utama pada aplikasi bisnis
-          Sebagai tonggak awal mula perkembangan teknologi komputer
Kekurangan :
-          Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
-          Cepat panas, sehingga diperlukan cooler (pendingin).
-          Prosesnya kurang cepat dan sulit diprogram.
-          Storage (kapasitas penyimpanan) kecil.
-          Membutuhkan daya listrik yang besar.

Ø  KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959-1964)

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan vacum tube yang ada pada televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya (generasi pertama). Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Komputer Generasi Kedua :
§  1959 : PDP 1 dibuat oleh DEC (Digital Equipment Corporation), Ken & Stan Olsen dan Harlan Anderson.
§  1963 : PDP 5, komputer mini komersial pertama, selain itu juga ada PDP 8 Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik.

a.       Komponen-komponen komputer :
-          Sirkuitnya menggunakan transistor (dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Barden,William Shockley,& Walter Brattain tahun 1947).
-          Magnetic core storage (upgrade capacity).
-          Magnetic tape dan magnetic disk (removable).
-          Printer, disket, memory, sistem operasim dan program.
b.      Sistem kerja :
-          Menggunakan bahasa ASSEMBLY.
-          Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language). Contoh : COBOL, FORTRAN, ALGOL.
-          Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk.
-          Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing.
c.       Kelebihan :
-          Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage.
-          Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan generasi pertama.
-          Proses operasi sudah lebih cepat, dan harga yang sesuai.
-          Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
-          Orientasi tidak hanya aplikasi bisnis tapi juga ke aplikasi teknik.
-          Memunculkan karir baru (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer).
Kekurangan :
-          Transistor masih menghasilkan panas yang cukup besar yang berpotensi merusak bagian internal komputer.
-          Ukuran masih terbilang besar, meskipun lebih kecil dari generasi pertama.


Ø  KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964-1970)

Salah satu kemajuan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Komputer Generasi Ketiga :
§  1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
§  1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama.

a.       Komponen-komponen komputer :
-          Komponen sirkuit menggunakan IC (Integrated Circuits).
-          Software.
-          Storage memory.
-          Random access storage (penyimpanan luar).
-          Visual Display terminal.
-          Chip tunggal (semikonduktor).
b.      Sistem kerja :
-          Menggunakan sistem operasi (multi processing).
-          Menggunakan software yang sudah ditingkatkan.
-          Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access.
-          Komunikasi data antar computer.
c.       Kelebihan :
-          Lebih cepat dan lebih tepat.
-          Peningkatan kemampuan software.
-          Kapasitas memori komputer lebih besar.
-          Penggunaan daya lebih hemat.
-          Harga semakin murah.
Kekurangan :
-           Memerlukan pendingin.
-          Biaya mahal (pada saat itu).

Ø  KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1970-1990)

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.
Gordon Moore penemu Microprocessor Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).
Contoh generasi ini adalah I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard.
Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb seperti halnya pada gambar disebelah, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.
IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981 seperti yang nampak pada gambar, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer ini menjadi sangat popular.

a.       Komponen-komponen komputer :
-          Microprocessor, Semiconductor.
-          Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ).
b.      Sistem kerja :
-          Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.
-          Menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
c.       Kelebihan :
-          Mulai muncul PC (Personal Computer).
-          Menggunakan Microprocessor yaitu penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
-          Penggunaan Large Scale Integration (LSI).
Kekurangan :
-          Processor masih lemah.
-          Harga processor masih mahal diatas komponen lainnya.

Ø  KOMPUTER GENERASI KELIMA (Sejak 1990-an)
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

   Packard Bell iXtreme 4140i

       Merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB.

Kemajuan di Generasi Lima
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium - 3.
a.       Komponen-komponen komputer :
-          Superkonduktor
-          Menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
-          Komponennya menggunakan yang terbaru dari generasi-generasi sebelumnya.
-          Bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
-          Fokus terhadap pengembangan AL (kecerdasan buatan).
b.      Sistem kerja :
-          Pengembangan VLSI
-          Pengembangan Josephson Junction
-          Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).
c.       Kelebihan :
-          Termutakhir pada eranya.
-          Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana.
-          Storage lebih besar dan banyak jenisnya.
-          Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
-           Kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
-          Penghematan energi komputer
-          Multifungsional dan multitasking.
-          Biaya lebih sesuai.
Kekurangan :
-          Kontra dengan SDM, karna berpotensi mengurangi produktifitas manusia.
-          Rawan cybercrime.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Kombinasi Gerbang Logika Menggunakan 7 Segmen Common Anoda dan Common Katoda

Komponen Elektronika Aktif

Sejarah Perkembangan Teknologi Hologram

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 2

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 8

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 5

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 4

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 12

Perangkat Lunak Jaringan 1 - Materi 6